KesehatanNews

333 penderita sakit jiwa di Aceh sudah bebas pasung

Direktur Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh, dr Makhrozal, mengatakan, target bebas pasung merupakan salah satu prioritas Pemerintah Aceh. Sejak tahun 2010 sampai sekarang, sudah 333 penderita sakit jiwa yang dipasung telah dilepas.
Dr Makhrozal (kanan), Direktur RSJ Banda Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) : Direktur Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh, dr Makhrozal, mengatakan, target bebas pasung merupakan salah satu prioritas Pemerintah Aceh. Sejak tahun 2010 sampai sekarang, sudah 333 penderita sakit jiwa yang dipasung telah dilepas.

“Untuk tahun ini kita sudah menjemput pasung 22 kasus, hari ini tim juga berangkat lagi ke Bener Meriah untuk melepaskan dua orang yang dipasung, dan minggu depan akan dilepaskan juga orang yang dipasung di Aceh Selatan,” kata Makhrozal.

Semua penderita sakit jiwa yang sudah dilepas dari pasung kata Makhrozal akan dibawa ke Rumah Sakit Jiwa dan ditangani sesuai dengan prosedur sampai sembuh secara klinis, mandiri dan direbab secara psikosial. Setelah itu pasien dipulangkan kemballi ke keluarga dan masyarakat. (SAKY)

Shares: