25 produk UMKM Aceh dipamerkan di Karya Kreatif Indonesia 2021

POPULARITAS.COM – Sebanyak 25 produk UMKM Aceh, diikutsertakan dalam Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI). Acara yang dibuka secara resmi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kamis (23/9/2021) tersebut, mengusung tema globalisasi dan digitalisasi usaha mikro kecil menengah dan sektor pariwisata, berlangsung 23 – 26 September 2021.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Dyah Erti Idawati, menerangkan, ke-25 produk UMKM Aceh yang dipamerkan dalam acara tersebut, meliputi fashion, aksesoris dan produk makanan, dan kuliner.

Dia juga mengatakan, kolaborasi dan saling sinergi dengan seluruh pihak, menjadi kunci utama dalam pengembangan dan peningkatan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di era digitalisasi dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Dyah mengungkapkan, Dekranasda juga terus mendorong pengembangan produk UMKM Aceh agar berdaya saing tinggi dengan kualitas yang premium, sehingga bisa lolos dan diminati di pasar nasional dan global. “Untuk saat ini kita sudah lakukan kurasi pertama untuk bisa tembus Sarinah, untuk kemudian ikut pada tahap 2 kurasi. jadi produk yang kita kirimkan itu sudah lolos tahap 1 artinya sudah ada 1 level kurasi dari Dekranasda untuk bisa ke tahap lanjutan,” kata Dyah.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh, Achris Sarwani, menyampaikan terima kasih kepada seluruh stake holder terutama Dekranasda Aceh, karena telah berusaha keras membangun dan memperkenalkan berbagai produk UMKM Aceh secara bersama-sama, sehingga produk UMKM Aceh bisa lebih dikenal di level nasional maupun international.

“Dengan Aceh menjadi panggung utama dan sekaligus host dalam kegiatan KKI ini, tentunya produk UMKM kreatif Aceh menjadi yang utama di tampilkan sebagai tema utama acara tersebut. 

Mulai dari motif dan berbagai kreasi di Aceh dimunculkan. Ini adalah kesempatan kita untuk lebih dikenal dilevel nasional dan global dengan digitalisasi produk Aceh,” ujarnya.

 

Editor : Hendro Saky

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.