News

2.039 Peserta SNMPTN Lulus di Unsyiah

Unsyiah Kembangkan Pendidikan STEM Bersama Peneliti Dunia
Kampus Unsyiah.

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sebanyak 2.039 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2019 dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 10.509 peserta SNMPTN yang mendaftar di Unsyiah tahun 2019.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan, dari jumlah peserta SNMPTN 2019 yang lulus tersebut, tercatat sebanyak 1.246 orang lulus di bidang Sains dan Teknologi (Saintek), dan 793 orang lulus di bidang Sosial dan Humaniora (Soshum).

Dia menyebutkan, jumlah kelulusan ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.704 orang. Tahun ini, Unsyiah masuk sepuluh besar perguruan tinggi yang menerima peserta SNMPTN terbanyak di Indonesia.

“Unsyiah memberikan kesempatan besar bagi calon mahasiswa untuk menempuh pendidikannya di kampus ini,” ujar Prof. Samsul, Jumat, 22 Maret 2019.

Dari jumlah peserta yang lulus SNMPTN tahun ini di Unsyiah, tercatat di antaranya sebanyak 1.063 peserta merupakan penerima beasiswa Bidikmisi. Jumlah ini merupakan terbanyak ketiga dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Sedangkan di posisi pertama ditempati Universitas Negeri Padang sebanyak 1.390 peserta dan Universitas Haluoleo sebanyak 1.097 peserta.

Sementara itu, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN diharapkan untuk mengikuti beberapa tahapan penting berupa verifikasi data akademik. Sedangkan jadwal verifikasi data akademik, para calon mahasiswa diminta untuk selalu memantau website www.unsyiah.ac.id dan media sosial Unsyiah.

Rektor juga mengingatkan, bagi peserta yang tidak lulus jalur seleksi SNMPTN, masih dapat mengikuti tahap Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tahapan pendaftaran SBMPTN dimulai dengan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) melalui website https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id.

Pendaftaran gelombang pertama akan berakhir pada 24 Maret 2019 nanti. Sedangkan pendaftaran gelombang kedua dimulai pada 25 Maret hingga 1 April 2019. Segala informasi terkait UTBK dan SBMPTN dapat dilihat melalui website www.ltmpt.ac.id. Rektor berharap kesempatan ini dapat digunakan secara maksimal oleh para calon mahasiswa.* (ASM)

Shares: