News

196 Brimob Polda Aceh Dikirim ke Papua

196 Brimob Polda Aceh Dikirim ke Papua. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sebanyak 196 personel Brimob Polda Aceh dikirim ke Papua dalam rangka Operasi Amole 2020. Pelepasan para personel ini dilakukan Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Wahyu Widada, M. Phil, di Mapolda setempat, Jumat, 19 Juni 2020.

Upacara itu berlangsung di halaman Mako Kompi 1 Batalyon A Pelopor, Ujung Batee, Aceh Besar dan bertindak selaku inspektur upacara Kapolda Aceh serta 196 Personel Satbrimob yang melaksanakan tugas BKO ke Papua.

Wahyu Widada dalam sambutannya mengatakan, dalam Operasi Amole-2020 ini, personel Satbrimob Polda Aceh sebanyak 196 orang bertugas untuk mengamankan objek vital PT. Freeport di Papua.

“Kemudian tugas pengamanan objek vital ini yang sudah dipercayakan kepada Polri, jangan sampai menjadi evaluasi jika Polri tidak mampu mengamankannya,” kata Wahyu.

Kata Wahyu, tugas personel BKO di sana adalah untuk memberi rasa aman dan menjamin keamanan di objek vital tersebut dan sekitarnya.

Personel yang diberangkatkan ini, sebut Wahyu, tentunya harus dibekali dengan perlengkapan yang baik, seperti perlengkapan obat-obatan, vitamin dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan di medan tugas.

Ia juga menyebutkan, kemampuan yang dimiliki personel Satbrimob sangat dibutuhkan dan itu hasil kajian para pakar untuk mengamankan keadaan krisis, kontijensi dan di medan yang sangat berat.

“Oleh karena itu tingkatkan kemampuan dan siapkan diri dengan baik,” jelas dia.

Menurut Wahyu, melaksanakan tugas di Papua tidak mudah dan banyak tantangan di antaranya cuaca, medan dan karakteristik daerah yang sangat berbeda dengan daerah di Aceh.

“Bila daerah aman, maka investor luar akan datang untuk menanamkan investasinya di sana, sehingga pertumbuhan ekonomi menjadi baik,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Wahyu juga berharap, 196 personel Satbrimob yang akan berangkat BKO ke Papua, maka sejumlah ini juga yang harus kembali ke Polda Aceh, setelah melaksanakan tugas di sana.

“Berangkat dalam kondisi seperti ini dan pulang dalam kondisi seperti ini juga”, kata Kapolda.

Selain itu, Wahyu juga menyampaikan agar selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Esa.

“Tetap menjaga kekompakan serta mengaplikasikan semua kemampuan diri dan yang dibekali dari latpraops dan latihan sebelumnya untuk melaksanakan tugas di sana,” ujarnya.

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: