Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

17 Kelas Akan Dikonteskan Dalam Event Festival Batu Mulia Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Aceh kembali membuat gebrakan dengan menggelar event akbar berskala Nasional yaitu Festival Batu Mulia yang mengusung tema “Aceh Kembali Meugiwang” pada tanggal 09-12 Nopember 2019 di Taman Seni dan Budaya Banda Aceh. Ini merupakan program Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. bn

Event Festival batu mulia di Aceh ini merupakan salah satu event terbesar di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan menjadi pusat perhatian para pecinta dan kolektor batu dari seluruh Indonesia. Selain itu,

Ketua Pelaksana, Nasrul Sufi mengatakan, bahwa batu Aceh merupakan salah satu batu terbaik di Indonesia. Batu Idocrase Aceh dulu sangat populer dan sangat diminati oleh semua kolektor di seluruh Asia.

Namun, kata dia sekarang agak sedikit kendur. “Jadi, dengan adanya event ini diharapkan Batu Aceh akan buming dan ‘meugiwang’ kembali,” ujarnya melalui pesan tertulis yang diterima, Kamis, 24 Oktober 2019.

“Panitia penyelenggara Festival Batu Mulia menyediakan dana pembinaan dengan total sebesar 35 Juta bagi Juara Umum, yaitu; Juara Umum I 20 Juta, Juara Umum II 10 Juta dan Juara Umum III 5 Juta Rupiah. Juga ada juara item masing-masing batu. Misalnya juara batu Lumut Aceh; ada juara I, II dan III. Dengan sistem pembagian persentase 60:40. Para Juara Umum juga mendapatkan Plakat dan Sertifikat”. Kata Ketua Penyelenggara, Nasrul Sufi.

Panitia juga melakukan lelang batu-batu terbaik dan boleh diikuti oleh pengunjung dan masyarakat umum.

Berikut batu-batu yang akan dikonteskan;

  1. Kelas Idocrase, yaitu:Lumut Aceh, Sungai Dareh, Solar, Bio Solar, Bio Solar Changge, Neon Polos Green, Neon Polos Putih, Pupis Totol, Pupis Polos, Noen Lumut, Idocrase Totol Sayur, Idocrase Emeral Green, Solar Lumut (Solmut) dan Idocrase Baby Small.
  1. Kelas Calcedony, yaitu: Calcedony White, Milky, Red, Orange, Yellow, Solmed, Cat Eyes dan Calcedony Green/Hijau Lumut.
  2. Kelas Bacan, yaitu: Bacan Polamea dan Bacan Doko.
  3. Kelas Batu Gambar Badar dan Kristal, yaitu: Batu Gambar Orang, Hewan, Huruf, Angka, Benda, Abstrak, Pemandangan, Batu Gambar Sayur dan Buah-buahan.
  4. Kelas Kalimaya, yaitu: Kalimaya Kembang Jarong dan Kalimaya Hitam.
  5. Kelas Panca Warna Kristal dan Badar, yaitu: Panca Warna Kristal dan Panca Warna Badar.
  6. Kelas Nephrite, yaitu: Nephrite Jade, Jade Polos, Jade Bunga, Jade Cat Eye, Carving/Ukir dan Nephrite Unik Antik.
  7. Kelas Black Jade, yaitu: Black Jade Badar & Black Jade Kristal.
  8. Kelas Es Jade, yaitu: Es Jade Polos & Es Jade Totol.
  9. Kelas Amethis dan Kinyang, yaitu: Amethis, Amethis Cutting, Kinyang Bensin, Brown, Putih dan Kinyang Karang.
  10. Kelas Bulu Macan dan Klawing/Jasper, yaitu; Bulu Macan, Klawing/Jasper Multi Colour dan Telur Kodok.
  11. Kelas Tapak Jalak, yaitu : Tapak Jalak Kristal dan Tapak Jalak Badar.
  12. Kelas Yakut dan Kecubung Wulung, yaitu; Yakut Kuning, Merah, Putih, Cempaka Combong, Lumut Merah Kristal dan Kecubung Wulung.
  13. Kelas Sulaiman dan Guliga, yaitu: Sulaiman Motif, Sulaiman Mata, Sulaiman Kurung, Junjung Derajat dan Guliga.
  14. Kelas Batu Raja, yaitu: Biru Langit dan Purple.
  15. Kelas Teratai, yaitu: Teratai Kuning, Merah dan Multi Colour.
  16. Kelas Unik Antik. (ril)
Shares: