1500 Peserta Kirab Budaya Ikut Pawai Meriahkan Sail Sabang

POPULARITAS.COM – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh berserta pemerintahan kota Sabang, melepaskan peserta kirab budaya dan pawai kota dalam rangka memeriahkan pagelaran Sail Sabang 2017. Pawai ini diikuti 1500 peserta dimulai dari lapangan Yos Sudarso hingga finish di kawasan Sabang fair, Rabu 29 November 2017. 

Para peserta Kirab budaya dan pawai kota tersebut menampilkan berbagai pakai adat dan budaya khas Aceh serta baju kreasi yang ditampilkan oleh berbagai peserta dari pelajar dan komunitas yang ada di kota Sabang dan Banda Aceh. Tidak hanya itu, event ini juga dikomandoi oleh Dram Band taruna-turuni kapal KRI Bima Suci dibaris terdepan.

Sebelum pawai dilepaskan, para taruna-taruni KRI Bima Suci turut menampilkan atraksi mereka dahulu di depan masyarakat dan pemerintah kota Sabang yang hadir seperti Kepala Disbudpar Aceh, Danlanal Sabang, dan Walikota Sabang.

Kadisbudpar Aceh, Reza Fahlevi mengatakan, dalam kirab budaya dan pawai kota juga melibatkan para peserta pelantara dan rombongan Indonesia Nusantara Jaya (INJ) 2017 dari seluruh Indonesia. Para peserta menampilkan ragama budaya dari Sabang-Merauke.

“Kirab ini merupakan rangkaian dari pada kegiatan Sail Sabang, melibatkan semua elemen mulai dari pelaku seni Aceh, para pelajar hingga rombongan pelantara dari seluruh Indonesia, ” ujarnya.

Katanya, pawai tersebut juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah Aceh dimana melibatkan semua peserta hingga masyrakat agar dapat ikut ambil adil dalam menyukseska event Sail Sabang. Selain itu, malam nanti juga akan dilanjutkan dengan Carnival Night dimana para peserta menampilkan beragam baju kreasi dipasang dengan lampu ELD.

“Masyarakat Aceh khususnya Sabang senang sekali karena dengan ada kegiatan seperti ini mereka dapat melihat bagaimana kekayaan adat budaya Aceh. Inilah yang ditunggu-tunggu masyrakat,” jelasnya.

Masyarakat kota Sabang tampak antusias menyambut kirab budaya dan pawai kota, terlihat dari ribuan masyarakat memadati sepanjang jalan kota Sabang menyaksikan para peserta.(acl).

PENULIS : ZUHRI NOVIANDI

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.