News

15 keluarga asal Pulau Jawa transmigran di Pulau Simeulue

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Simeulue menyatakan sebanyak 15 keluarga transmigrasi dari Pulau Jawa tiba di kabupaten kepulauan tersebut.
Lokasi transmigrasi di Kabupaten Simeulue, Aceh. ANTARA/HO

POPULARITAS.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Simeulue menyatakan sebanyak 15 keluarga transmigrasi dari Pulau Jawa tiba di kabupaten kepulauan tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Simeulue Kasirman mengatakan penempatan transmigrasi tersebut merupakan program pemerintah.

“Mereka semuanya 15 kepala keluarga atau 64 jiwa. Terdiri 53 orang dari Provinsi Jawa Timur dan 11 orang dari Provinsi Jawa Barat. Mereka telah tiba di Simeulue Kamis (16/12/2021),” kata Kasirman, dikutip dari Antara, Jumat (17/12/2021).

Kasirman mengatakan belasan keluarga tersebut yang menempati lokasi transmigrasi di Desa Sigulai, Kecamatan Simeulue Barat, Kabupaten Simeulue.

“Selain dari Pulau Jawa, juga ada tiga keluarga transmigrasi lokal dari Kabupaten Simeulue. Jadi total secara keseluruhan yang mengikuti mengikuti program transmigrasi sebanyak 81 jiwa dari 18 keluarga,” kata Kasirman.

Program transmigrasi di Kabupaten Simeulue sudah berlangsung sejak 2015. Sedangkan jumlah keseluruhan masyarakat yang mengikuti transmigrasi mencapai 155 keluarga.

Menurut Kasirman, pemerintah menargetkan 400 keluarga sebagai peserta program transmigrasi. Mereka akan menempati dua lokasi transmigrasi di Kabupaten Simeulue.

“Kehadiran warga transmigrasi? luar daerah itu dapat memberikan motivasi pada transmigrasi lokal serta pengalaman orang luar bisa dijadikan contoh oleh masyarakat nantinya,” kata Kasirman.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa

Shares: