NewsOlahraga

15 Kabupaten/Kota di Aceh Kembangkan Pola Olahraga Berbasis Potensi

 – Sebanyak 15 kabupaten/kota se-Aceh sepakat  mengembangkan pola olahraga rekreasi berbasis potensi di daerah masing-masing. Sehingga dapat memantik partisipasi masyarakat dalam mengembangan potensi alam yang ada di wilayah masing-masing.

Sebagai bentuk komitmen, untuk mengembangkan pola olahraga berbasis potensi, sebanyak 15 perwakilan kabupaten/kota se-Aceh membentuk pengurus Komite Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indosesia (KORMI) Daerah Aceh, Kamis (5/11/2020).

Pembentukan ini dilakukan di Aula Dispora Aceh. Sebanyak 15 perwakilan yang terdiri dari Perwakilan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, terlebih dahulu mengikuti acara sosialisasi dan kesepakatan-kesepahaman dalam rangka menjalankan pola pengembangannya.

Sebelumnya Selasa 27 oktober 2020 beberapa instansi di tingkat Provinsi Aceh yang terkait dengan pengembangan olahraga rekreasi (Bappeda, Disdik, Disbudpar, PUPR, FORMI dan Balai Pelestarian Nilai dan Budaya)  telah menyepakati pola kesepahaman dalam pengembangan olahraga dimaksud yang disesuaikan dengan tupoksi masing masing.

Seorang akademisi dan Pengamat Olahraga di Aceh, Dr Nyak Amir mengharapkan, pengembangan pada sektor ini bersinergi dalam pengembangan potensi daerah dan mendukung keberadaan KORMI di Aceh.  Dia juga mengharapkan dukungan dari pemerintah serta upaya legalisasi melalui peraturan gubernur.

Ketua FORMI Aceh, Jamaluddin Muku smengharapkan, setelah terbentuknya KORMI Aceh agar pemerintah memberikan perhatian khusus. Sehingga KORMI dapat menjalankan fungsinya dalam memassalkan olahraga yang berbasis potensi dan berkiprah di kompetisi berskala Nasional.

“Kkarena selama ini keberadaan Aceh masih tergolong rendah dalam upaya pengembangan dan pembinaan olahraga dimaksud dibandingkan provinsi lain,” ujarnya.

KORMI sendiri, sebutnya, merupakan suatu komite olahraga yang berada di bawah pemerintah melalui Kemenpora RI dalam pembinaan dan pengembangan olahraga dalam masyarakat yang dibentuk pada bulan Agustus 2020 pada Munaslub dan Rakernas FORMI 2020.

Hayono Isman terpilih sebagai ketua KORMI Nasional. Pada tahap awal cabang olahraga rekreasi pada masyarakat terdiri dari 37 cabang yang terdiri dari olahraga lomba, festival, demonstrasi dan olah raga khusus.

Dijadwalkan pada 15 November 2020  kepengurusan KORMI Aceh yang masih berstatus FORMI akan melaksanakan Musda di Hotel Lading Banda Aceh dalam rangka pembentukan KORMI dan pemilihan pengurus KORMI Daerah.[ril]

Shares: