News

1,5 Hektare Ilalang Terbakar di Lhokseumawe

1,5 Hektare Ilalang Terbakar di Lhokseumawe. (ist)

POPULARITAS.COM – Seluas 1,5 hektar tenaman ilalang di lahan kosong di kawasan Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe terbakar pada Senin (1/3/2021).

Komandan Regu B Pemadam Kebakaran Kota Lhokseumawe, Ridwan mengatakan, lahan tersebut sengaja dibakar oleh oknum yang tak bertanggungjawab. Sebab kawasan tersebut sudah menjadi target langganan terjadianya pembakaran.

“Kawasan ini sudah sering terbakar, kita menduga ada yang membakarnya, atau ada yang membuang puntung rokok atau lainnya menyebabkan terjadinya kebakaran,” kata Ridwan.

Pemadaman dilakukan secara manual lantaran medan perbukitan bertepatan dengan jurang, Sehingga mobil pemadam tidak dapat dilalui. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.00 Wib diibantu olah relawan, masyarakat, TNI dan Polri.

“Hal serupa kerab terjadi di kawasan yang sama, apalagi yang terbakar ini tumbuhan ilalang jadi apainya mudah merembes, kita belum mengetahui apa tujuan pembakaran ini apakah untuk pembebasan lahan atau lainnya,” katanya.

Beruntung kebakaran lahan itu cepat padam sehingga tidak menjalar ke permukiman warga. Selain itu tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya saja sejumlah petugas yang melakukan pemadaman tanganya memar akibat luka bakar.

“tidak jarang juga dari mereka terpeleset, ada juga tangan mereka mengalami luka bakar ringan karena pemadaman kan manual dengan cara memakai ranting kayu basah,” jelasnya.

Editor: dani

Shares: