Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

14 Gampong di Aceh masuk 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Sebanyak 14 desa di Provinsi Aceh masuk 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.  Keputusan tersebut diumumkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno, melalui akun Youtube Anugerah Desa Wisata pada Selasa, 20 April 2022, malam.
14 Gampong di Aceh masuk 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022
Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno

POPULARITAS.COM – Sebanyak 14 desa di Provinsi Aceh masuk 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.  Keputusan tersebut diumumkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno, melalui akun Youtube Anugerah Desa Wisata pada Selasa, 20 April 2022, malam.

Sandi menyampaikan, ADWI 2022 diikuti 3.419 desa wisata di seluruh Indonesia. Pencapaian tersebut, kata dia, melebihi target dari tahun sebelumnya dan merupakan bentuk apresiasi dan antusiasime yang sangat tinggi dari masyarakat seluruh Indonesia.

“Selamat kepada 500 besar desa wisata ADWI 2022. Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” kata Sandi.

Bagi desa wisata yang belum lolos 500 besar ADWI 2022, Sandi mengimbau agar terus meningkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi, melalui pengisian data di website Jadesta.

Laman Jadesta itu, lanjut Sandi, merupakan wadah dan arah Kemenparekraf RI dalam menyusun rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia.

“Ayo kita terus gali potensi wisata di seluruh Indonesia sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional, demi kesejahteraan rakyat untuk Indonesia bangkit,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, mengucapkan selamat kepada ke-14 desa wisata yang lolos tahap kurasi 500 di ajang ADWI 2022.

“Alhamdulillah, selamat kepada 14 desa wisata Aceh yang lolos 500 besar ADWI 2022. Semoga desa wisata kita (Aceh), kembali terpilih sebagai desa wisata terbaik seperti tahun lalu yang diraih Desa Wisata Nusa (Aceh Besar),” pintanya.

“Dan kepada Dinas Pariwisata kabupaten/kota serta desa wisata yang masuk 500 besar ini terus mempersiapkan diri, terutama terhadap kriteria-kriteria yang menjadi penilaian dewan juri ADWI 2022,” pungkas Jamaluddin didampingi Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Disbudpar Aceh, Safaruddin. []

Berikut ke-14 desa wisata di Aceh yang masuk 500 besar ADWI 2022:

1. Wisata Ujung Karang (Kabupaten Aceh Barat)

2. Desa Wisata Lubuk Sukon (Kabupaten Aceh Besar)

3. Desa Wisata Alue Jang (Kabupaten Aceh Jaya)

4. Desa Wisata Kampung Selamat (Kabupaten Aceh Tamiang)

5. Desa Wisata Hakim Bale Bujang  (Kabupaten Aceh Tengah)

6. Desa Wisata Ketambe (Kabupaten Aceh Tenggara)

7. Desa Wisata 7 Bidari Aceh (Kabupaten Aceh Utara)

8. Desa Wisata Adat Seni Dan Budaya (Kabupaten Bener Meriah)

9. Desa Wisata Danau Laot Tadu (Kabupaten Nagan Raya)

10. Desa Wisata Gampong Ulee Lheue (Kota Banda Aceh)

11. Desa Wisata Gampong Punge Blang Cut (Kota Banda Aceh)

12. Desa Wisata Gampong Lampulo (Kota Banda Aceh)

13. Desa Wisata Iboih (Kota Sabang)

14. Desa Wisata Aneuk Laot (Kota Sabang). []

Shares: