News

14 Ethnis Rohingya di Lhokseumawe Terciduk Saat Hendak Kabur

Sejumlah etnis Rohingya yang gagal kabur dari kamp BLK Lhokseumawe dan sejumlah orang yang diduga terlibat TPPO. (Popularitas.com/Rizkita)

Personil Kodim 0103 Aceh Utara, kembali berhasil menggagalkan aksi kelompok penyeludupan pengungsi Imigran Rohingya di Kamp BLK Kandang, Kota Lhokseumawe, Jumat (20/11/2020).

Komandan Kodim, 0103 Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kristianto mengungkapkan, petugas kamp juga mengamankan 8 orang yang diduga pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Selain itu petugus juga mengamankan 14 wanita Rohingya yang gagal kabur.

Delapan diduga TPPO tersebut yaitu, DA (25) laki- laki warga Kecamatan Medan Area, Kota Medan. Lalu ZA (20) merupakan Imigran Rohignya yang telah lama di Medan, dan satu lagi JR (23) Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang, diduga berperan membantu sopir angkutan sewa jenis minibus toyota Avanza yang dirental untuk membantu DA untuk membawa kabur wanita etnis Rohingya tersebut.

“Semalam ada dua kelompok orang yang kita tangkap di waktu yang berbeda, kedua kelompok tersebut sepertinya tidak saling kenal namun tujuan yang sama untuk membawa kabur wanita etnis Rohingya di kamp BLK tersebut,” ujar Letkol Arm Oke Kristianto, kepada Popularitas.com.

Sementara kelompok ke dua adalah pasangan suami istri berinisial AM dan SA istrinya asal Medan. Selain itu pasangan suami istri lainya yakni SR dan istrinya SU asal Medan dan satu lagi adik ipar dari AM asal Medan.

“Saat ini 14 perempuan etnis Rohinya tersebut dan delapan orang yang diduga terlibat TPPO juga sudah kita serahkan ke Polres Lhokseumawe, guna penyelidikan lebih lanjut,” pungkas Letkol Arm Oke Kristianto.

Editor: dani

Shares: