News

125 Rohingya di Lhokseumawe dipindah ke Pekanbaru

Sebanyak 125 warga Rohingnya yang selama ini ditampung di kamp BLK Kandang, Kota Lhokseumawe, dipindahkan ke Pekanbaru.
Pengungsi Rohingya menjalani pemeriksaan sebelum divaksinasi Covid-19 di BLK Lhokseumawe, Selasa (11/1/2022). (Rizkita/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Sebanyak 125 warga Rohingya yang selama ini ditampung di kamp BLK Kandang, Kota Lhokseumawe, dipindahkan ke Pekanbaru, Riau.

Dari Lhokeumawe ke Medan, perjalanan dilakukan melalui jalan darat. Sementara dari Medan ke Pekanbaru via jalur udara.

Program Coordinator at IOM-UN Migration, Sonya Syafitri, mengatakan pemindahan itu dilakukan secara tiga tahap, yaitu gelombang pertama sebanyak 57 orang, ke dua 44 orang dan ke tiga sebanyak 24 orang.

“Tahap pertama mulai kami lakukan pemindahan sejak 17 sampai 19 Mei 2022. Dari jumlah tersebut sudah terhitung dari penampungan Bireuen dan Lhokseumawe,” kata Sonya, kepada Popularitas.com, Rabu (18/5/2022).

Kata dia, sebelum dilakukan perjalanan mereka terlebih dahulu dilakukan tes kesehatan dan PCR Covid-19. Sejauh ini, hasilnya negatif, selain itu selama perjalanan gelombang pertama belum ada kendala apapun.

“Artinya setelah semuanya kita berangkatkan maka tidak ada lagi warga rohingya yang ditampung di Aceh. Kita sangat mengapresiasi semua bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Lhokseumawe dan Pemerintah Kabupaten Bireuen yang sudah memberikan tempat sementara selama mereka di Aceh,” imbuhnya.

Shares: