KesehatanNews

12 Makanan Sehat dan Menghangatkan Saat Musim Hujan

Ilustrasi.

POPULARITAS.COM – Memasuki musim hujan, daya tahan tubuh biasanya akan menurun sehingga lebih rentan terkena penyakit. Hal ini disebabkan karena penyebaran virus dan bakteri menjadi lebih mudah dan cepat dalam kondisi lembap.

Untuk itu, tubuh perlu dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan. Bukan hanya menjaga tubuh kering dan hangat dengan payung dan jaket, tetapi makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan untuk membuat tubuh tetap sehat dan hangat di musim hujan.

Namun di musim seperti saat ini, kemungkinan orang-orang akan memiliki kecenderungan makan yang meningkat dibandingkan sebelumnya.

Udara yang lebih dingin, hujan, dan cuaca mendung membuat kita beralasan untuk makan lebih banyak dan makan apa pun yang kita sukai. Nafsu makan cenderung naik ketika hawa di sekitarnya dingin.

Melansir news.com, secara fisiologis, makan membantu menghangatkan tubuh karena terjadi sedikit peningkatan metabolisme. Meskipun suhu tidak terlalu rendah, otak sebenarnya memberi sinyal bahwa hujan berarti dingin dan tidak nyaman sehingga memicu kita untuk mencari sesuatu yang hangat dan menyenangkan untuk dimakan.

Cara yang paling mudah untuk memperbaiki mood secara instan adalah makan sesuatu yang enak, misalnya ngemil kue-kue manis dengan kopi susu, cokelat, keripik kentang, gorengan, atau mi instan.

Tentu tak jadi soal jika makanan ini dikonsumsi sesekali. Tetapi ketika Anda merasa harus selalu melampiaskannya setiap hari karena hujan yang terus turun tentu bisa menjadi masalah.

Kepuasan saat makan makanan enak yang kurang menyehatkan hanya akan dirasakan sesaat. Oleh karenanya, pilihlah makanan yang bernutrisi namun rendah kalori.

Agar Anda tak asal kenyang dan kelebihan kalori, pertimbangkan untuk memilih makanan sehat. Berikut  rangkum 12 makanan sehat yang cocok untuk menghangatkan tubuh Anda di musim hujan dan membuat mood kembali cerah.

  1. Sup Ayam

Seringkali ketika sakit, orang-orang memilih makan sup ayam. Sup ayam merupakan comfort food sekaligus bisa memberikan asupan cairan dan nutrisi karena terdapat banyak sayuran dan ayam sebagai sumber vitamin dan protein.

Bawang putih yang merupakan bumbu utama dalam membuat sup ayam mengandung filonutrien yang mampu memperkuat imunitas, mengurangi kelelahan, dan mencegah tubuh dari serangan demam dan flu, mengurangi masalah pencernaan, bahkan mengatasi peradangan atau iritasi pada saluran lambung.

Bawang putih juga dapat membersihkan masalah usus seperti disentri dan diare dengan menghancurkan bakteri berbahaya tetapi tidak merusak bakteri baik di usus. Selain itu, mengonsumsi sup ayam yang masih panas bisa memberikan efek langsung menghangatkan tubuh dan melegakan pernapasan.

  1. Capcay

Cap cai atau capcay adalah makanan yang berasal dari China untuk menyebut tumisan aneka sayur. Selain rasanya enak, capcay termasuk kategori makanan bergizi karena terdapat berbagai macam sayuran di dalamnya.

Wortel, kembang kol, caisim, jagung muda, kacang kapri, brokoli dominan di dalam seporsi capcay. Sayuran-sayuran tersebut kaya nutrisi seperti serat, protein, vitamin, asam folat namun rendah kalori sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh serta terhindar dari penyakit dan obesitas.

  1. Sup Labu

Sup merupakan makanan yang menjadi pilihan banyak orang saat musim hujan. Labu yang kaya akan vitamin A dan antioksidan seperti litein dan karoten cocok untuk dijadikan sup saat musim hujan.

Selain dapat menghangatkan tubuh, sup labu juga dapat membantu merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.

Untuk membuat sup labu lebih lezat, kita dapat menambahkan sedikit kayu manis dan pala. Bagi pencinta rasa pedas, cabai rawit juga cocok untuk ditambahkan ke dalam sup labu yang juga dikenal dengan nama pumpkin soup itu.

  1. Soto

Siapa yang tidak tahu soto. Makanan berkuah kuning ini memiliki berbagai variasi di setiap daerah. Namun secara umum, soto ayam dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Masakan dengan jahe di dalamnya cocok sekali disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

Sebab jahe bekerja untuk menghangatkan tubuh dari dalam dan menstimulus produksi keringat. Terlebih, jahe memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek, dan demam.

Serupa, kandungan curcumin dalam kunyit membantu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, dan peradangan. Karenanya, seporsi soto hangat menjadi hidangan ideal yang disantap ketika musim hujan.

  1. Rawon

Ada soto, pasti ada rawon. Makanan khas Jawa Timur ini merupakan sejenis sup daging dengan kuah hitam pekat. Warna hitam kuahnya berasal dari kluwek atau pucung. Kluwek merupakan biji yang berasal dari tanaman kepayang.

Kluwek memberikan cita rasa dan aroma masakan yang sedap dan gurih. Nah di balik pekat warnanya, kluwek mengandung zat besi dan vitamin C yang mampu menjaga vitalitas. Vitamin C dikenal sebagai sumber antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan supaya tubuh tidak rentan sakit dan terserang virus.

Ditambah lagi, kluwek memiliki sifat antiseptik dan tanin alias zat antimikroba yang ampuh untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menawar racun.

Sumber: CNN

Shares: