News

1,2 Juta Benih Ikan Dibagikan untuk 27 Kecamatan di Aceh Utara

1,2 Juta Benih Ikan Dibagikan untuk 27 Kecamatan di Aceh Utara
Penerima dan pihak terkait sedang melepaskan bibit ikan bandeng ke salah satu pemilik tambak di Kecematan Baktia Barat. Popularitas.com/ Rizkita.

POPULARITAS.COM – Sebanyak 1,2 juta benih ikan mulai dibagikan ke penerima bantuan keuangan khusus penanganan Covid-19 dari program pelaksanaan Gerakan Aceh Mandiri Pangan (GAMPANG) dalam bentuk budidaya ikan yang akan diserahkan ke 27 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara.

Jumlah benih ikan tersebut terdiri dari tiga macam benih ikan yaitu benih ikan bandeng, nila dan lele, untuk dibagikan ke penerima dengan jumlah 907 KK. Tak hanya itu calon penerima juga diberikan pakan pelet yang sudah disediakan sebanyak 85,45 ton.

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Utara Syarifuddin kepada wartawan menyebutkan, jumlah anggaran yang dikucurkan untuk sektor Kelautan dan Perikanan dalam kegiatan budidaya aneka ikan tersebut sejumlah Rp 1.8 miliar lebih.

“Kita berharap implementasi ini dapat membantu perekonomian masyarakat untuk bertahan hidup di tengah pademi Covid-19, kebetulan hari ini penyerahan perdana untuk tiga kecamatan dulu dan targetnya pembagian ini akan rampung dalam kurun satu bulan kedepan,” kata Syarifuddin, Rabu (04/11/2020).

Syarifuddin menyebutkan, untuk kriteria penerima yaitu memiliki kolam untuk budidaya ikan nila, mempunyai tambak untuk budidaya ikan bandeng dan budidaya ikan lele di dalam ember.

Sesuai rincian calon penerima ikan paket budidaya bandeng untuk kecamatan Syamtalira Bayu, Baktiya, Baktiya Barat, Dewantara, Lapang, Tanah Jambo Aye, Tanah Pasir, Samudera, Seunuddon dan Muara Batu. Masing- masing dalam satu kecamatan tersebut hanya diberikan untuk 35 KK. Dengan jumlah anggaran satu peketnya mencapai Rp 70 juta per kecamatan.

Sementara penerima paket budidaya ikan nila di kecamatan Syamtalira Aron, Nisam Antara, Kuta Makmur, Langkahan Matangkuli, Geureudong Pase, Pirak Timu, Meurah Mulia, Tanah Luas, Nibong, Paya Bakong. Masing- masing dalam satu kecamtan tersebut hanya diberikan untuk 30 KK. Dengan jumlah anggaran dalam satu peketnya mencapai Rp 60 juta per kecamatan.

Sedangkan penerimaan paket budidaya ikan lele dalam ember di kecamatan Matangkuli, Langkahan, Dewantara, Syamtalira Aron, Cot Girek, Paya Bakong, Lhoksukon, Nisam, Samudera, Simpang Keuramat. Jumlah anggaran yang dihabiskan untuk satu peketnya mencapai Rp 40 juta per kecamatan.

“Itu berbeda sesuai dengan ketersedian dana dimasing- masing calon penerima berdasarkan hasil estimasi spesifikasi/hps kerena beda kebutuhan juga sehingga jumlah anggaran per paketnya juga berbeda. Contohnya hari ini di tiga kecamtan per KK menerima bantuan sebanyak 2.500 bibit ikan,” pungkasnya.[]

Shares: