News

12 Desa di Aceh Jaya Kembali Terendam Banjir

Ilustrasi, Banjir. (dok. BPBA)

POPULARITAS.COM – Banjir kembali menggenangi 12 desa di empat kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya pada Selasa (30/3/2021). Banjir ini tersebar di Kecamatan Teunom, Darul Hikmah, Setia Bakti dan Krueng Sabee.

“Banjir terjadi dini hari tadi sekira pukul 02.15 WIB, akibat hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kabupaten Aceh Jaya,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBA), Ilyas dalam keterangannya, Selasa (30/3/2021).

Ilyas menjelaskan, hujan deras mengakibatkan meluapnya sungai di beberapa kecamatan di Aceh Jaya. Berdasarkan informasi dari masyarakat, banjir tersebut mulai memasuki permukiman atau rumah warga sekira pukul 02.15 WIB dengan ketinggian air rata-rata mencapai 20 hingga 70 centimeter.

Adapun 12 desa yang terdampak banjir, kata Ilyas, adalah Pasi Geulima (Teunom), Gampong Masen, Baro, Lam Teungoh, Panton Krueng, Babah Dua, dan Ujong Rimba (Darul Hikmah).

Kemudian, lanjut Ilyas, Gampong Pante Kuyun, Lhok Bot (Setia Bakti), Gampong Panggong, Buntha dan Ranto Panyang (Krueng Sabee).

“Terdapat 296 KK atau 747 jiwa yang rumahnya masih terendam banjir dan masih bertahan di rumah masing-masing,” kata Ilyas.

Kata Ilyas, BPBD Aceh Jaya menginformasikan sampai saat ini tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun pihaknya terus melakukan pendataan rumah yang rusak dan berupaya mengerahkan Tim TRC dengan 2 unit ruber boat dan 1 mobil pick up dan mobil evakuasi untuk warga terdampak.

“Informasi terakhir yang diterima Pusdalops BPBA menyebut untuk sementara debit air Sebagian sudah berangsur surut,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: