111 Hektare Lahan dan Hutan Terbakar di Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menghitung luas hutan dan lahan di Aceh yang terbakar dalam kurun waktu 5-9 Juli 2019. Kepala BPBA mengungkapkan total kebakarannya mencapai 111 hektare dari 23 kecamatan di 10 kabupaten di Aceh.

“Sejak tanggal 5 Juli sampai saat ini sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan di 10 kabupaten, 23 Kecamatan di Aceh lebih kurang seluas 111,04 Hektare,” kata Kepala BPBA, Teuku Ahmad Dadek, Selasa 9 Juli 2019.

BACA: 39,5 Hektar Lahan Dan Hutan Aceh Terbakar Di Awal Juli 2019

Dari total keseluruhan hutan dan lahan di Aceh yang terbakar tersebut, 90 persen diantaranya, kata Dadek, sudah berhasil dipadamkan. Sedangkan sisanya, yakni di Kabupaten Aceh Barat masih dalam upaya pemadaman.

Dia merincikan, kebakaran hutan dan lahan di Aceh, tersebar di 4 kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya seluas 32.5 hektare. Satu kecamatan di Bener Meriah dengan luas yang terbakar lebih kurang seperempat hektare.

Sementara, Kabupaten Aceh Barat Daya satu kecamatan seluas 3 hektare. Aceh Besar dengan lima kecamatan total lahan yang terbakar 19 hektare. Di Aceh Selatan satu kecamatan seluas 3,5 hektare.

Kemudian, Aceh Jaya tersebar di empat kecamatan dengan lahan yang terbakar seluas 2 hektare. Kabupaten Aceh Tengah satu kecamatan, luas lahan yang terbakar lebih kurang 1 hektare.

Selanjutnya, sebut Dadek, di Kabupaten Gayo Lues satu kecamatan lahan yang terbakar 1 hektare. Kabupaten Aceh Singkil juga satu kecamatan dengan luasan lahan terbakar mencapai 4 hektare.

BACA: Kebakaran Masih Dominasi Bencana Di Bulan Juni

Terakhir empat kecamatan di Aceh Barat yang disebut Kepala BPBA bahwa lahan yang terbakar di sana cukup luas, lebih kurang sudah mencapai 45 hektare. Bahkan hingga saat ini api belum juga berhasil dipadamkan.

“Di Aceh Barat pemadaman masih terus berlangsung dikarenakan cakupan wilayah (kebakaran) terus bertambah dan mendekati pemukiman warga,” paparnya. (ASM)

Anda mungkin juga berminat