News

11 siswa Mts di Ciamis tewas hanyut di Sungai

Kantor Pencarian dan Pertolongan menyampaikan, semua siswa MTs Harapan Baru yang hanyut di Sungai Cileueur Leuwi, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sudah ditemukan, dengan rincian 11 siswa tewas, dan 10 orang selamat.
ejumlah petugas melakukan pencarian siswa yang tenggelam saat kegiatan menyusuri Sungai Cileueur, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021) malam. (ANTARA/HO-Basarnas)

POPULARITAS.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan menyampaikan, semua siswa MTs Harapan Baru yang hanyut di Sungai Cileueur Leuwi, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sudah ditemukan, dengan rincian 11 siswa tewas, dan 10 orang selamat.

“Dipastikan tidak ada lagi laporan korban yang belum ditemukan, seluruh korban telah ditemukan, dan dievakuasi, sudah sesuai dengan data jumlah yang disampaikan oleh pihak sekolah,” kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah melalui siaran pers diterima di Ciamis, Sabtu (16/10/2021), dikutip dari laman Antara.

Ia menyampaikan, seluruh data siswa yang terbawa hanyut sebanyak 21 orang, terdidri dari 11 orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, dan 10 orang selamat dua di antaranya menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Tim gabungan yang diterjunkan ke lapangan, kata dia, sudah melakukan proses penyisiran dan mengevakuasi seluruh korban yang dilaporkan tenggelam setelah menyusuri Sungai Cileueur Leuwi, Dusun Wetan, Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Ciamis, Jumat (15/10).

Sampai pukul 23.30 WIB, kata Deden, jajarannya bersama seluruh tim SAR gabungan lainnya tetap siaga dan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, sekolah, Pemkab Ciamis, dan keluarga korban hingga diputuskan proses pencarian selesai dan ditutup.

“Dengan telah dievakuasinya seluruh korban dan ‘debriefing’ unsur SAR gabungan, maka dilakukan penutupan operasi SAR, seluruh unsur kembali ke kesatuan masing-masing,” katanya.

Sebelumnya, berdasarkan laporan di lapangan bahwa kegiatan itu melibatkan 150 siswa untuk kegiatan menyusuri sungai di Dusun Wetan, Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Ciamis.

Namun tiba-tiba sejumlah siswa terbawa hanyut arus air sungai dan tenggelam hingga menyebabkan korban jiwa

Shares: