Kesehatan

10 Manfaat Kayuh Sepeda Setiap Hari untuk Kesehatan

POPULARITAS.COM – Tubuh manusia butuh aktivitas fisik agar berfungsi normal dan mencapai kesehatan jangka panjang yang baik. Salah satu kegiatan olah fisik termudah adalah bersepeda. Bersepeda bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga penyakit jiwa.

Penasaran akan manfaat lebih lanjut dari aktivitas sepeda? Dilansir dari boldsky.com dan dikutip dari merdeka.com ini dia penjelasannya.

  1. Memperkuat tulang dan membentuk otot

Bersepeda secara teratur melibatkan banyak gerakan mengayuh. Gerakan ini berguna untuk memperkuat otot kaki, sendi pinggul, dan lutut. Bersepeda juga akan memperkuat otot lengan dan bisa memperbaiki fungsi otot tubuh pada umumnya.

  1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Saat kamu bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari tingkat normal. Hal ini akan memperbaiki kondisi jantung dan menghindarkanmu dari tekanan darah tinggi.

  1. Membangun kekuatan tubuh

Bersepeda akan meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Bersepeda juga akan meningkatkan energi. Ketika energi tubuhmu meningkat, maka kamu jadi jarang kelelahan.

  1. Menurunkan stres

Ingin menyembuhkan stres? Cobalah untuk bersepeda setiap hari. Bersepeda akan memerangi stres, depresi, dan kecemasan. Jika dilakukan secara teratur, maka bersepeda bisa mengobati berbagai penyakit mental. Sebab, bersepeda adalah hal yang menyenangkan dan membawa efek positif pada tubuhmu.

  1. Menurunkan berat badan

Bersepeda juga menjadi cara yang baik untuk menghilangkan lemak yang tidak diinginkan di tubuhmu. Bersepeda akan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Dan bersepeda membakar begitu banyak kalori. Itulah sebabnya bersepeda berguna untuk menurunkan berat badan.

  1. Mengontrol diabetes

Diabetes mampu meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan kadar gula darah. Bersepeda membantu menurunkan risiko diabetes dan menjadi salah satu cara terbaik untuk mengontrol kadar gula darah. Bersepeda setiap hari selama lebih dari 30 menit akan menurunkan risiko diabetes hingga hampir 40%.

  1. Menurunkan risiko kanker

Kurangnya olahraga mampu meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker. Oleh karena itu bersepeda secara rutin bisa menurunkan risiko kanker, terutama kanker usus besar dan payudara.

  1. Menyehatkan sendi

Bersepeda merupakan bentuk olahraga yang ideal untuk mereka yang menderita osteoarthritis. Bersepeda juga menjadi latihan terbaik untuk mencegah atau mengurangi radang sendi karena persendian di kaki diberi tekanan yang lebih rendah.

  1. Meningkatkan gerakan usus

Bersepeda merupakan semacam latihan aerobik yang berguna untuk mempercepat pernapasan dan detak jantung. Semua hal ini berguna untuk merangsang kontraksi otot-otot usus. Sehingga kamu akan terhindar dari perut kembung dan membantu melindungimu dari risiko kanker usus.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Kamu ingin memiliki ingatan yang lebih kuat? Cobalah untuk rutin bersepeda. Sebab bersepeda akan membentuk sel otak baru di hippocampus, area yang bertanggung jawab atas ingatan. Bersepeda akan meningkatkan aliran oksigen dan darah ke sel otak yang bermanfaat untuk meregenerasi reseptor dan bahkan mengatasi penyakit Alzheimer.

Itulah sederetan manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dengan bersepeda. Jadi, kayuh sepedamu dan dapatkan manfaat sehat di atas.[acl]

Shares: