News

1.982 peserta SNMPTN lulus di Universitas Syiah Kuala

Rektor USK Prof Marwan mengucapkan selamat kepada para siswa yang telah dinyatakan lulus di USK melalui jalur SNMPTN tersebut. Apalagi sebagian besar peserta yang lulus tersebut merupakan para siswa yang berasal dari Aceh.
3.518 peserta SBMPTN lulus di USK
Ilustrasi, generasi muda saat mendaftar sebagai calon mahasiswa di salah satu universitas di Banda Aceh, Jumat (14/1/2022). Foto: Humas USK

POPULARITAS.COM – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk tahun 2022. Berdasarkan informasi tersebut, sebanyak 1.982 peserta SNMPTN 2022 berhasil lulus di Universitas Syiah Kuala.

Rektor USK Prof Marwan mengucapkan selamat kepada para siswa yang telah dinyatakan lulus di USK melalui jalur SNMPTN tersebut. Apalagi sebagian besar peserta yang lulus tersebut merupakan para siswa yang berasal dari Aceh.

Di mana pada tahun ini, ada 14.768 pendaftar SNMPTN untuk provinsi Aceh. Dari jumlah tersebut, sebanyak 39,23% atau 5.793 berhasil diterima pada berbagai perguruan tinggi di Aceh.

“Alhamdulillah, dengan menempuh pendidikan di USK, kami berharap semoga hal ini menjadi langkah yang baik bagi anak-anak kita untuk mewujudkan cita-citanya,” ucap Marwan dalam keterangannya, Selasa (29/3/2022).

Marwan juga mengungkapkan, pada SNMPTN kali ini USK berhasil menorehkan beberapa prestasi menarik. Pertama, program studi (prodi) Farmasi USK kembali masuk 10 besar prodi dengan tingkat persaingan terketat secara nasional yaitu dengan tingkat keketatan 1,57%.

“Dalam beberapa tahun terakhir prodi Farmasi USK terus menjadi prodi favorit. Tentu hal ini sebuah kebanggaan bagi kita, karena hal ini menandakan nama USK semakin dikenal,” ucap dia.

Kedua, pada SNMPTN kali ini USK masuk tiga besar secara nasional sebagai perguruan tinggi dengan jumlah penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah terbanyak yaitu 1.021 penerima.

Adapun peringkat pertama dan kedua adalah Universitas Negeri Padang dengan 1.379 penerima dan Universitas Lampung dengan 1.093 penerima.

Selanjutnya, Marwan mengingatkan kepada peserta yang telah dinyatakan lulus SNMPTN tersebut untuk mengikuti beberapa tahapan pendaftaran penting lainnya. Seperti verikasi data akademik dan lainnya.

Adapun semua dokumen akademik tersebut harus dikirimkan ke USK dengan alamat: UPT-TIK USK Gedung ICT Center Universitas Syiah Kuala-Taiwan, Kopelma Darussalam Kota Banda Aceh 23111. Informasi pengumuman SNMPTN ini dapat dilihat pada laman https://snmptn.unsyiah.ac.id.

Untuk informasi lengkap terkait syarat dan ketentuan dokumen akademik yang dikirimkan, atau informasi lainnya terkait tahapan seleksi pedaftaran ini dapat dilihat pada website resmi USK atau media sosial USK. Serta dapat menghubungi Unit Layanan Terpadu (ULT) USK: 08116701962.

“Verifikasi data akademik peserta SNMPTN oleh Tim Verifikasi USK akan dimulai dari tanggal 12 – 14 April 2022. Dan calon peserta tidak perlu hadir,” ucap Marwan.

Shares: