Headline

1.228 Kantong darah ASN Pemerintah Aceh Untuk Warga

1.228 Kantong darah ASN Pemerintah Aceh Untuk Warga
Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah. M.Kes, mendonorkan darah sekaligus meninjau Labotorium Pelayanan Darah dan Kendali Mutu PMI Kota Banda Aceh, 27/5/2020. (ist)

RABU, 27 Mei 2020, usai Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan Sekda, Taqwallah, melaksanakan donor darah rutin, di PMI Banda Aceh, selanjutnya, hal serupa diikuti oleh ribuan aparatur negeri sipil (ASN) dilingkup kerja Pemerintahan Aceh.

Dan sejak saat itu, gerakan donor darah, yang dilakukan oleh ASN Pemerintah Aceh, telah menghasilkan ribuan kantong darah. Ketua PMI Banda Aceh, Qamaruzzaman Hagny, menyebutkan, apa yang telah dilakukan jajaran para pekerja pelayan masyarakat tersebut, merupakan sejarah, dan hal tersebut aksi nyata gerakan kemanusiaan.

Inisiasi gerakan kemanusiaan berupa donor darah, yang diinisasi oleh Plt Gubernur Aceh, dan Sekda tersebut, sambungnya, hingga Senin, 15 Juni 2020, PMI Kota Banda Aceh, telah memperoleh 1.228 kantong daerah. Dan ini sebuah gerakan masif yang dilakukan oleh instansi pemerintahan, ujarnya menambahkan.

Menurutnya, ribuan kantong darah yang hari ini terkumpul dari ASN Pemerintah Aceh, adalah sejarah baru, dan ribuan kantong darah yang diperoleh, sangat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan, dan juga untuk stok ketersediaan darah di Kota Banda Aceh. “Kita akui, selama ini, pihak kami kerap kekurangan kantong darah,” katanya.

Karenanya, sambung Qamaruzzaman Hagny, inisisasi serupa diharapkan dapat dilakukan oleh pemerintah kabupaten dan kota lainnya di provinsi ini, agar persoalan ketiadaan kantong darah yang selama ini kerap terjadi, dapat dengan mudah diatasi. “sungguh, harapan kita, gerakan ASN Pemerintah Aceh ini, dapat di tiru oleh pihak lainnya,” harapnya.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat mendonorkan darah beberapa pekan lalu, senantiasa mengimbau masyarakat untuk secara aktif dan sukarela datang ke PMI atau instalasi transfusi darah, untuk donor darah. Menurut politisi Partai Demokrat itu, tetes darah sangat bermanfaat bagi masyarakat lainnya, terutama para penderita thalasemia, yang kehidupannya sangat bergantung pada penderma darah.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, menambahkan, ribuan kantong darah, yang diperoleh dari gerakan donor darah dari para ASN pemerintahan provinsi ujung pulau Sumatera ini, sebagai kado terbaik dalam rangka peringatan Hari Donor Darah Sedunia, yang selalu diperingati setiap 14 Juni.

1.228 Kantong darah ASN Setda Aceh Untuk Warga Kota
Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Aceh, Muhammad Iswanto

Dan bahkan, kata Iswanto, pihaknya memperkirakan, jumlah kantong darah yang akan disumbangkan para ASN akan terus bertambah, sebab, masih banyak dinas dan instansi lain yang masih menunggu giliran untuk donor darah.

Saat ini, sambung Iswanto, dari pelaksanaan donor darah ASN Pemerintah Aceh, telah dihasilkan 1.228 kantong, dan jumlah itu, akan terus bertambah. Dan semoga, lanjutnya, apa yang diinisasi oleh Bapak Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah ini, dapat menginspirasi masyarakat dan instansi lainnya, guna melakukan gerakan serupa.

“Inisisasi yang dilakukan oleh Pak Nova ini, sangat membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” tukasnya. (SKY)

Shares: