News

1.159 CPNS Kemenag Aceh Terima SK

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menyerahkan sebanyak 1.159 Surat Keputusan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenag 2018.

Untuk memudahkan, penyerahan SK CPNS tersebut dibagi menjadi 8 regional sesuai dengan wilayah penempatan.

“Hari ini 1.159 CPNS Kemenag menerima SK, untuk regional Meulaboh sendiri ada 111 CPNS yang akan ditempatkan di 4 kabupaten/kota yaitu Aceh Jaya, Meulaboh, Simeulue dan Nagan Raya,” ujar Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh usai menyerahkan SK secara simbolis untuk CPNS Kemenag Aceh regional Meulaboh, di Aula Bappeda Aceh Barat, Senin, 27 Mei 2019.

Daud Pakeh meminta para peserta CPNS Kemenag Aceh agar memiliki integritas dan loyalitas untuk lembaga.

“Kita bersyukur jadi ASN Kemenag, banyak hal dan poin yang kita kerjakan bernilai ibadah, maka ini yang perlu dijaga dalam pengabdiannya, dimanapun bertugas jadilah pilar dan tidak mengikuti budaya kerja ditempat tersebut, tapi bangunlah budaya kerja yang berprestasi,” ujar Kakanwil.

Ia menjelaskan pelaksanaan tes CPNS dilaksanakan dalam beberapa tahap dan berbasis CAT yang dilakukan secara murni.

“Tidak ada rekayasa dalam pelaksanaan tes ini, semua berdasarkan kemampuan dan rezeki bagi saudara yang diberikan maha kuasa, jadi seleksinya benar-benar murni, yang lulus merupakan bibit unggul dan terbaik, maka fokus dalam melaksanakan amanah ini sebaik baik mungkin,” ujar Daud Pakeh.

Kakanwil juga mengatakan ASN diikat oleh undang-undang. Menurutnya semakin tinggi jabatan semakin ASN tersebut terikat. “Termasuk saya sendiri. Karenanya kita harus siap dan patuh aturan, termasuk tidak minta pindah lokasi kerja, lakukan yang terbaik dimanapun penempatan, jangan sampai tidak punya prestasi karena menghabiskan energi untuk berpikir pindah,” sebut Kakanwil.

Ia menambahkan CPNS belum menjadi PNS, jadi masih sangat dipantau segala prilaku dan kinerjanya.

“Kami harapkan semua CPNS mulai besok 28 Mei 2019 untuk segera melapor ke tempat bertugas masing-masing,” ucapnya.

Sementara Kabag TU, Saifuddin, dalam arahannya saat menyerahkan SK untuk regional Pidie dan Pidie Jaya meminta CPNS Kemenag Aceh menjadi duta wasathitah, menyampaikan pesan Moderat atau Wasathiyah di tengah masyarakat, menyampaikan pesan agama dengan benar, tidak ekstrim atau berlebihan apalagi radikal dan juga tidak sekuler. “Sehingga kehadiran kita mampu menjaga kebersamaan ummat dan menebarkan kedamaian,” katanya.

Ia juga mengingatkan para CPNS harus setia kepada ideologi negara dan tidak terlibat paham radikal, mempelajari dan implementasi kode etik dan 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama, “yaitu Integritas, Profesionaliltas, Inovasi, tanggung jawab dan keteladanan.”*(RIL)

Shares: